Di tahun 2016, dunia sempat dihebohkan oleh kasus dihacknya akun Twitter CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Untuk menghindari kejadian serupa menimpanya lagi, Mark Zuckerberg semakin berhati-hati dengan menutup webcam laptopnya menggunakan selotip.

Menutup webcam di laptop dinilai efektif bagi kamu yang khawatir aktivitasnya dimata-matai oleh orang lain. Jika masih ragu, Kita akan jabarkan beberapa alasan kenapa webcam laptop harus ditutup.

4 Bahaya Yang Mengancam Jika Webcam Laptop Tidak Ditutup

Menghindari Orang Cabul

Tahukah kamu, foto dan video orang dari rekaman webcam banyak dijual di Deep Web? Untuk file webcam cowok, harganya cuma US 0,25 atau Rp30ribuan. Tapi file webcam cewek? Bisa mencapai USD 25 atau sekitar Rp 300ribuan!

Bukan tidak mungkin kamu pernah membuka baju di depan laptop yang terbuka di kamar, kan? Kamu bisa saja berpikir aman karena tidak ada orang, padahal siapa tahu ada yang mengintai lewat webcam.

Menghindari Pemerasan

Bolehlah kamu berpikir foto kamu aman tidak masuk transaksi Deep Web dengan aksesnya yang sulit. Tapi apa jadinya jika foto atau video rekaman webcam milikmu digunakan untuk memeras kamu? Lebih nyesek lagi loh.

Yakin Pacar Kamu Setia?

Karena tidak yakin dengan kesetiaan kamu, pacarmu bisa saja dengan mudah menginstal file RAT (Remote Administration Tool) di komputer untuk menyadap aktivitasmu. Jika sudah demikian, semua aktivitasmu di depan laptop bisa diketahui dengan mudah.

Pengumpulan Data oleh Organisasi

Kamu pake Smart TV di rumah? Jika iya, pasti tahu kalo Smart TV Samsung dibekali built in kamera danmicrophone untuk mempelajari kebiasaan penggunanya. Nah, apa jadinya jika data ini ternyata bocor keluar dan dikumpulkan oleh organisasi asing?

Sama seperti Smart TV, webcam dan microphone laptop juga bisa dimanfaatkan untuk merekam aktivitas kamu. Jadi, selain menutup webcam laptop, coba tutup juga speaker laptop jika ingin aman dari ancaman hacker.

Jadi, mulai sekarang berhati-hati ya! Ingat, file RAT bisa mengakses webcam kamu walau dalam keadaan mati sekalipun.

Sumber : JalanTikus

YOUR REACTION?

Facebook Conversations


Disqus Conversations