Punya teman, kerabat, atau bahkan pacar yang sering terlihat diam, tampak pemalu dan kurang bersosialisasi? Kemungkinan dia adalah introvert. Tapi, introvert tidak seburuk yang dikira orang lho, bahkan bisa saja dia lebih pintar darimu. Ada banyak hal yang mungkin belum kamu tahu soal introvert.
5 Hal yang Mungkin Kamu Belum Tahu soal Introvert

1. Introvert Bukan Berarti Pemalu

Bagi orang yang introvert, kurangnya bersosialisasi tidaklah berarti dia pemalu, apalagi penakut. Si dia yang kurang bergaul bukan berarti takut di-judge yang nggak-enggak sama orang. Justru, mereka yang introvert malah cuek dan malas mengobrol.

Apabila kamu seorang introvert, kamu akan tahu rasa lelahnya setelah berbincang-bincang, berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Mereka yang introvert, mengisi kembali energi mereka dengan menyendiri, membaca buku, atau bahkan melamun.

2. Introvert Benci Basa-Basi

Kebanyakan orang, khususnya ekstrovert, selalu suka berbasa-basi ketika bertemu orang secara sekilas. Sebaliknya, introvert justru tak suka berbasa-basi, bahkan malas sekali untuk menyapa “Hai!”. Bukannya sombong, mereka yang introvert hanya lebih suka deep talk.

Ketimbang membicarakan bagaimana cuaca hari ini, gaya rambut baru teman kerjanya, atau tempat nongkrong terbaru, introvert justru lebih ingin membicarakan masa depan, cita-cita, dan tujuan hidupnya. Bahkan saking dalam pembicaraannya, introvert seringkali dianggap aneh, meski sebenarnya terlalu banyak berpikir saja.

3. Introvert Cenderung Lebih Sukses ketimbang Ekstrovert

Introvert, karena terlalu banyak berpikir dalam hidupnya, cenderung menjadi lebih sukses di masa depan ketimbang ekstrovert. Meski istilah sukses selalu bersifat relatif dan tergantung standar masing-masing orang, kesuksesan yang besar selalu cenderung hanya bisa dicapai bagi mereka yang suka berpikir.

Bill Gates, JKRowling, Abraham Lincoln, Eleanor Roosevelt, Albert Einstein, Emma Watson, Mahatma Gandhi, Warren Buffet, dan Steve Jobs, adalah bukti-bukti bahwa introvert, punya kecenderungan untuk menjadi lebih sukses ketimbang ekstrovert.

4. Introvert Punya Sedikit Teman, tapi Berkualitas

Ketimbang memerhatikan kuantitas teman, introvert lebih suka dengan kualitas pertemanan. Tak peduli satu, dua, tiga, atau jumlah teman dalam hitungan jari, yang paling penting adalah kesetiaannya, mampu saling memberi solusi ketika ada masalah, dan mampu menjaga rahasia.

5. Introvert Cenderung Tak Merasa Kesepian

Terlepas dari sedikitnya teman yang ia punya, introvert tak akan pernah merasakan kesepian. Apalagi jika semua temannya juga merupakan introvert. Bagi mereka, kehilangan teman yang memang tak menyukai dirinya bukanlah sesuatu yang buruk. Justru, semakin lama ia menyendiri, semakin pula ia bahagia, karena dari sinilah ia punya banyak waktu untuk dirinya.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations


Disqus Conversations