Sukses bagi sebagian orang adalah segalanya. Termasuk menjadi pebisnis yang profesional. Terlepas dari apa tujuan dan cita-citamu, berusaha meraihnya adalah yang terpenting. Apalagi kalau kamu mengikuti 5 tips yang nggak biasa ini, sukses akan jauh lebih mudah tercapai.
Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Ikuti 5 Tips yang Nggak Biasa Ini!

1. Jangan Menjadi Egois

Kamu mungkin merasa tidak egois, atau bahkan merasa punya empati besar. Tapi soal bisnis, produktivitas, dan sukses, kepedulianmu sangatlah dilatih. Kamu akan belajar untuk lebih peduli pada keinginan konsumen, klien, pembaca atau penonton dari karya atau produk yang kamu buat.

Khususnya dalam marketing, keinginan konsumen yang beragam sangatlah sulit ditebak. Kamu akan kebingungan dengan siapa saja yang akan benar-benar menyukai produk atau karyamu saat pertama kali. Tapi ketika kamu menerima kritik, bertanya keinginan mereka, dan memperbaiki produk atau karyamu, sukses akan semakin berpeluang besar.

2. Bandingkan Dirimu dengan Banyak Orang, Lalu Jadilah Unik

Apabila masih sedikit orang yang menyukai produk atau karyamu, kamu mungkin telah melakukan kesalahan pada keunikan produk atau karyanya. Kamu mungkin selama ini terlalu mengikuti perkembangan zaman, hingga lupa kalau ternyata konsumen atau pembacamu ingin “sesuatu yang baru”, dan bukan sesuatu yang trending belaka.

Ada banyak produk dan karya yang diluncurkan setiap harinya, dan tak mungkin produkmu haruslah sama persis dengan mereka. Ketika orang melihat dua produk yang sama persis jenisnya, ia akan memilih yang paling unik. Bukan hanya dari logo, kemasan, atau nama, melainkan pula dari kualitas dari apa yang kamu buat juga haruslah seunik mungkin.

3. Kepercayaan adalah Hal yang Paling Penting

Populasi manusia yang hidup di planet ini semakin meningkat. Saking banyaknya, setiap orang kini semakin skeptis dengan orang lainnya, juga termasuk dengan produk yang dipakainya setiap hari. Setelah mencoba deretan pembersih wajah yang berbeda-beda, orang akan memilih satu saja yang paling ia percaya.

Begitu pula dengan produkmu. Kepercayaan yang kuat akan suatu brand berada di posisiteratas. Apabila logo, kemasan, dan keunikan produkmu sangatlah memuaskan, namun jika orang-orang sudah tak percaya dengan isinya, maka semua usahamu akan sia-sia.

4. Orang Tak Peduli Apa yang Terjadi di Belakang Panggung

Konsumen, pembaca, penonton video YouTube-mu, atau sekedar pembeli dari barang yang kamu jual, tak akan pernah peduli dengan proses bagaimana kamu membuatnya. Mereka justru peduli dengan hasil jadinya, dan yang pasti, hasil jadi pada pandangan pertama (first impression).

Orang tak peduli seberapa sulitnya kamu mengembangkan sebuah aplikasi smartphone. Mereka juga tak peduli berapa jumlah karyawan yang membuat produk semewah iPhone. Mereka juga tak mau tahu secara detail tentang perusahaan pembuat produknya.

Lihatlah dari sudut pandang mereka. Mereka adalah konsumen, bukan produsen. Konsumen mungkin punya jutaan pendapat tentang produkmu, tapi ketika produkmu dicoba, yang mereka pikirkan adalah satu hal kecil tentang produkmu, yakni kesan dan rasa.

5. Jangan Memuaskan Semua Orang

Ketika pertamakali mencoba menjual sesuatu, kamu mungkin selalu berusaha menyenangkan dan memuaskan semua orang. Tapi sayangnya, kamu selalu kedapatan hater yang selalu membenci apa yang kamu tawarkan, atau netral yang menganggap produkmu biasa-biasa saja.

Ketimbang memuaskan semua pasar, akan lebih mudah untuk menargetkan satu atau dua pasarsaja. Lalu perkuat sejumlah pasar kecil itu, dan ketika kuat, mereka akan menceritakan produkmu ke teman dan rekan dan keluarga yang punya selera yang sama, dan pasarpun akan meluas dengan sendirinya secara natural. 

YOUR REACTION?

Facebook Conversations


Disqus Conversations